Memberi Motivasi dan Nasihat untuk Diri Sendiri

Saya merasa sulit jika memberi nasihat untuk diri sendiri. Sementara saya lebih mudah memberi sejuta nasihat dan tips buat orang lain dan begitu mudahnya juga orang - orang menerima dan berhasil menerapkan nasihat saya, tetapi mengapa saya merasa begitu sulit mencari dan menerapkan sejuta teori untuk diri saya sendiri, saya jadi bingung sendiri. Apakah ini terjadi karena kesombongan dan keangkuhan saya terlalu tinggi? Saya merasa saya bisa menjadi teman berbagi yang baik untuk orang lain tetapi bukan untuk diri sendiri, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi tempat share yang baik untuk diri sendiri dan orang lain ?

Sdr. TG -


Kalau memang saya seperti Sdri. TG, yang saya lakukan adl berusaha membuka diri untuk mau berbagi dengan orang lain.. Satu2nya jalan harus mulai belajar untuk berdamai dengan diri sendiri yaitu dengan cara menahan ego kita dan mau meneri...ma saran dan masukkan dari orang lain, karena apa yang kita pikirkan benar belum tentu sepenuhnya jalan yang terbaik.

Saya dahulu selalu berpikir bahwa jalan pikiran saya selalu benar dan saya selalu bisa memberi motivasi dan bertindak yang serba benar untuk diri sendiri, tetapi kalau saya mendengar saran (masukkan) dari orang lain, walaupun ego saya berkata "dia salah, saya benar", namun setelah saya coba cerna dengan baik apa yang orang lain katakan, ternyata apa yang mereka katakan jika kita lihat dari sudut pandangnya, mereka banyak memberikan jawaban yang sebenarnya tidak dapat kita pikirkan sebelumnya.

Jadi saran saya seringlah berbagi (share) dengan orang2 yang anda anggap dekat dan dipercaya dan satu hal yg terpenting, tahan ego anda, tanyakan apa yang ingin anda tanyakan, dan dengarkan saran masukkan dari mereka. Jika ada waktu luang, juga sering - seringlah membaca buku motivasi ataupun buku pengembangan diri. Karena buku seperti itu akan membuka pikiran anda untuk menerimanya secara otomatis walaupun anda menahan ego anda untuk menerimanya.


0 comments:

Post a Comment

Mari berbagi dengan sesama dengan cara menceritakan pengalaman anda berkaitan dengan topik ini, atau sampaikan komentar & saran anda semuanya di sini.