Pikiran Sadar & Pikiran Bawah Sadar

Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar adalah 2 jenis kemampuan pikiran yang terdapat dalam otak kita. Pikiran sadar adalah pikiran yang secara sadar kita gunakan sehari – hari seperti berpikir, bekerja melakukan sesuatu, hendak mencari makan ketika lapar, berekreasi, dan hal apapun yang secara nyata dan sadar kita dapat rasakan dan lakukan dengan tubuh kita. Itulah hal – hal yang dapat dilakukan oleh pikiran sadar. Bahkan ketika anda membaca artikel ini, anda berada dalam keadaan pikiran sadar. Keadaan kita di saat menggunakan pikiran sadar adalah keadaan di mana kita dapat berpikir banyak dan di mana kita dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Dan apa itu pikiran bawah sadar?

Sebagian dari anda pernah mendengar kekuatan menakjubkan dari pikiran yang satu ini. Pikiran bawah sadar adalah tempat tersimpannya semua ingatan, kebiasaan, kepribadian, kepercayaan, dan citra diri kita selama ini. Bahkan apa yang kita pikirkan secara tidak sadar pun berada di dalamnya.

Pikiran bawah sadar juga menolong kita dalam melakukan aktifitas tubuh yang tidak secara sadar kita perintahkan, seperti : berkedip, bermimpi, bernafas, dan menggerakan fungsi organ tubuh lainnya.

Hanya itukah fungsi dari pikiran bawah sadar kita? Sebenarnya apa kekuatan terbesar dari pikiran bawah sadar itu?

Pikiran bawah sadar mampu menggerakan tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Pikiran bawah sadar tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh manusia seperti yang dapat kita lakukan pada pikiran sadar. Jika kita haus, pikiran sadar akan ”memerintahkan” kita untuk mengambil minum dan meminumnya. Tetapi di balik itu, pikiran bawah sadar kita sudah menanamkan kebiasaan ataupun ingatan pada kita sebelumnya, bahwa jika kita haus, kita harus mengambil minum, bukannya makanan. Maka, dari ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar kita menggerakan apa yang harus dilakukan oleh pikiran sadar kita. Dan pikiran sadar kita akan meneruskan proses memerintah pada tubuh kita untuk melakukan sesuatu yang memang harusnya dilakukan (pada contoh ini adalah minum). Jadi apa yang pikiran sadar kita pikirkan, apa yang kita perbuat, dan lakukan sehari – hari merupakan hasil dari apa yang sudah kita tanam dalam pikiran bawah sadar kita sebelumnya.

Pikiran bawah sadar menggerakan seluruhnya. Pikiran bawah sadar memberikan segala sesuatu yang perlu diketahui oleh pikiran sadar. Sehingga pikiran sadar menggerakan diri kita, tubuh kita, untuk mendapatkan apa yang sudah pikiran bawah sadar kita tanam sebelumnya.

Di sinilah penjelasannya mengapa jika anda menanamkan pola pikir kebahagiaan, dan anda jadikan pola pikir itu kebiasaan anda setiap waktu, maka hasilnya pikiran sadar anda akan menggerakan tubuh anda untuk mendapatkan kebahagiaan itu, langsung pada realitas hidup anda.

Pikiran bawah sadar itu memiliki dampak yang sangat SANGAT BESAR bagi kehidupan anda.


”Kekuatan pikiran bawah sadar dalam otak manusia memiliki kekuatan sebesar 88%, sedangkan pikiran sadar hanya sebesar 12% nya saja.” - Sandy MacGregor, Piece of Mind


Maka dapat saya katakan, pikiran bawah sadar itu adalah “The Secret of The Secret”, rahasia terbesar dari The Secret itu sendiri. Rahasia terbesar pada diri manusia!


”Pikiran bawah sadar adalah gudang yang menakjubkan. Bagian yang paling menakjubkan dari pikiran Anda adalah pikiran bawah sadar. Letaknya di bawah memori dan berukuran ribuan kali lebih besar. Pikiran bawah sadar terdiri atas jutaan pengalaman masa lampau, yang sepengetahuan pikiran sadar, telah hilang selamanya. Banyak ahli jiwa percaya bahwa kita dapat menggunakan lebih banyak pikiran bawah sadar kita. Banyak sekali yang merasa beruntung karena mereka dapat berbicara dengan pikiran bawah sadarnya. Dan beberapa orang merasakan bisa melakukan tawar – menawar untuk menentukan jam bangun di pagi hari. Anda juga bahkan dapat memperbaiki perangai Anda esok hari kalau Anda bilang pada diri Anda sendiri ketika akan tidur dan Anda mempercayainya bahwa Anda akan lebih riang ketika bangun tidur esok pagi.” - kutipan artikel Reader’s Digest yang berjudul ”Kehebatan Tubuh Manusia dan Kepeduliannya”, 1962


Apakah kita dapat menembus pikiran bawah sadar dan berkomunikasi dengannya?

Kabar gembiranya adalah anda memang dapat melakukannya! Namun sudah jelas tidak semudah dan serupa dengan cara anda berkomunikasi dengan pikiran sadar. Anda tidak dapat memerintah bawah sadar seketika seperti ”Saya mau kaya” dan mendadak pikiran anda menggerakan segala sesuatu pada diri anda untuk menjadi kaya. Sekali lagi, itu adalah tugas pikiran sadar anda, pikiran bawah sadar andalah yang membentuk pikiran sadar anda.

Salah satu cara berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar adalah dengan menanamkan sugesti. Pikiran bawah sadar itu layaknya gudang harta karun terbesar di dunia yang perlu anda gali. Dan kunci utama yang akan membuka peti harta karun itu adalah sugesti. Sekali saja anda dapat menembus pikiran bawah sadar dan berkomunikasi dengannya dengan menggunakan teknik penanaman sugesti, kontrol hidup sepenuhnya ada di tangan anda!

10 comments:

Anonymous said...

Menakjubkan

Anonymous said...

Amazing

Anonymous said...

sangat amat menakjubkan sekali....

Rasmindo Aldo Sitepu said...

TERIMA KASIH BANYAK untuk tulisan ini rasanya saya terlahir kembali sekarang, saya doakan pemilik blog ini berkelimpahan bahagia dunia akhirat, amin

Rasmindo Aldo Sitepu said...

TERIMA KASIH BANYAK untuk tulisan ini rasanya saya terlahir kembali sekarang, saya doakan pemilik blog ini berkelimpahan bahagia dunia akhirat, amin

game belanja said...

terima kasih suatu keajaiban alam bawah sadar kita
http://bisnis-online-sangmilioner.blogspot.com

Unknown said...

trms my brother...

Unknown said...

trms..siip

Unknown said...

lumayan bagus artikel nya..saya akan coba terap kan dalam hidup saya

Unknown said...

Sangat bagus. Terimakasih

Post a Comment

Mari berbagi dengan sesama dengan cara menceritakan pengalaman anda berkaitan dengan topik ini, atau sampaikan komentar & saran anda semuanya di sini.