Kunci Harta Karun Terbesar Umat Manusia

Anda tidak perlu bingung mencarinya kemana – mana. Kunci itu telah ada terlekat pada setiap diri manusia. Kunci itu telah anda miliki bahkan sejak anda pertama lahir di dunia. Kunci itu adalah sugesti anda. Sugesti anda adalah satu – satunya kunci harta karun terbesar umat manusia sepanjang jaman, kunci menuju alam pikiran bawah sadar anda.

Apa itu sugesti?

Sugesti merupakan rangkaian kata maupun kalimat yang diberikan kepada seseorang untuk memberikan pengaruh sesuai dengan makna yang ditangkap dari penyampaian kalimat tersebut. Setiap orang dapat melakukan sugesti, namun penyampaiannya butuh perhatian dan cara khusus agar sugesti itu dapat masuk ke dalam alam pikiran bawah sadar kita dengan baik. Dan cara penyampaiannya terletak dari kata – kata yang kita buat.

Pernahkah anda memperhatikan sugesti yang disampaikan ole
h iklan - iklan di media televisi? ”Cintailah produk produk Indonesia”, ”Sekali kucek noda beres” :)
Anda harus menyadari bahwa itu adalah bentuk semacam sugesti pengiklan untuk setiap orang yang memperhatikannya. Secara global, kalimat penayangan seperti ini disebut subliminal message. Tanpa anda menyadarinya, subliminal message yang terus menerus disebutkan dalam tayangan iklan berulang kali, akan mempengaruhi pikiran bawah sadar kita secara perlahan dan membentuk suatu kebiasaan. Dan kebiasaan ini akan tertanam pada pikiran bawah sadar kita, lalu prosesnya diteruskan oleh pikiran bawah sadar kita untuk membentuk suatu keyakinan / kepercayaan baru pada diri kita. Jika sudah terbentuk menjadi keyakinan, orang akan ”melakukan apa pun” sesuai dengan yang diyakininya.

Ada satu kisah nyata yang saya sadur dari buku ”Piece of Mind” by Sandy MacGregor dan telah disadur ulang dalam buku ”Fight Like A Tiger” oleh Darmadi Dharmawangsa.

Beberapa tahun yang lalu ada seseorang yang mati kedinginan. Hari itu dia terkunci secara tidak sengaja di dalam kereta pembeku di stasiun kereta api di Amerika. Kejadiannya terjadi pada hari Jumat malam. Ia mengetahui bahwa sampai hari Senin berikutnya, di hari saat orang mulai bekerja kembali, tidak akan ada yang datang mengeluarkannya dari tempat itu. Kebetulan pada saat itu ia membawa alat tulis. Ia berpikir bahwa apa yang bisa ia lakukan adalah membuat catatan tentang kematiannya sendiri untuk orang – orangnya yang akan ditinggal mati dirinya. Dia mulai menuliskan bagaimana rasanya mati kedinginan, apa yang terjadi pada tubuh manusia, dan bagaimana rasanya ketika suhu badannya turun 10 derajat secara berkala. Ia membuat catatan waktu yang dibutuhkan sampai ia mati kedinginan. Ketika rekan – rekannya bekerja kembali pada hari Senin pagi dan membuka kereta pendinginan itu, mereka menemukan temannya telah mati di lantai dan coretan – coretan tulisannya tersebar di mana – mana di dinding bagian dalam kereta itu. Catatan itu sekaligus menjadi dokumentasi terbaik tentang bagaimana proses kematian seseorang jika kedinginan.

Namun, yang harus anda ketahui adalah bahwa mesin pembeku di kereta itu ternyata tidak sedang dinyalakan. Temperaturnya selalu 56 derajat Fahrenheit (atau 13 derajat Celsius). Orang itu sebelumnya mengatakan pada dirinya sendiri bahwa mesin pembeku itu menyala dan ia berpikir bahwa dirinya akan mati (perasaannya sangat kuat). Ia jadi begitu kedinginan, dan akhirnya mati.

Dari kasus di atas, ia memang meyakini bahwa mesin pendinginan selalu menyala dan tubuh dia akan semakin kedinginan sampai titik derajat terendah, dan dia meyakini pula dengan itu dia akan mati. Sugesti yang dibentuknya dengan mengatakan bahwa dia akan semakin kedinginan dan mati membentuk keyakinan yang sangat kuat sehingga tertanam dalam pikiran bawah sadarnya sendiri yang akhirnya membentuk realitas sesuai dengan yang diyakininya.

Bukti kedua yang paling umum dan sudah banyak diuji pada dunia kedokteran adalah efek placebo. Placebo adalah sejenis tablet salut gula yang tidak memiliki kandungan zat kimia untuk menyembuhkan penyakit sang pasien di rumah sakit. Sugesti dokter memberi pengaruh besar pada pasiennya bahwa tablet placebo ini adalah obat nyata untuk menyembuhkan dirinya. Dan sebagai pasien, dia hanya meyakini bahwa dokter memang sang penyembuh, jadi dia meyakini pula bahwa obat yang diberikan dokter pasti untuk kesembuhan penyakit mereka. Karena keyakinan sang pasien akan obat placebo itu, efek penyembuhan yang terjadi pada tubuh mereka sama besarnya dengan efek pemberian obat asli.

Bukti lain, siapa yang tidak kenal dengan Romy Rafael, si master Hipnotis? Dia dapat mempengaruhi penonton hanya dengan sugestinya supaya mau melakukan apapun yang dia perintahkan. Perlu anda ketahui, bahwa sugesti adalah salah satu bentuk hipnotis. Dan hipnotis jangan pernah anda pandang sebelah mata sebagai sesuatu yang jahat. Hipnotis adalah suatu keadaan normal di mana ruang pikiran bawah sadar manusia sedang terbuka sehingga sangat besar kemungkinan bahwa orang dalam keadaan terhipnotis ini dapat menerima sugesti yang sangat baik karena dapat langsung masuk ke alam pikiran bawah sadarnya. Pada kasus ini, Romy Rafael harus bekerja sama dengan penonton, Romy memberikan sugesti (sebagai bentuk hipnotis), pikiran bawah sadar penonton tersebut sedang terbuka lebar, dan akhirnya para penonton mau melakukan apa saja yang diperintahkan oleh pikiran bawah sadarnya.

Begitu juga dengan diri anda. Sugesti adalah semacam hipnotis yang dapat anda tanam dalam pikiran
bawah sadar sehingga dapat memerintahkan kita untuk melakukan dan mewujudkan apa yang sudah diperintahkannya.

Kekuatan bawah sadar anda adalah kekuatan yang super super dahsyat! Sugesti layaknya
semacam benih yang ditabur dalam padang rumput. Dan padang rumput ini adalah pikiran bawah sadar anda. Semakin kuat atau semakin banyaknya benih yang anda tanam, anda akan menuai hasil yang luar biasa pula. Semakin kuat sugesti yang anda tanam dan semakin banyak anda menanamnya, semakin luar biasa pula hasilnya pada realitas diri anda.

Bentuk sugesti yang baik sedini dan sesering mungkin. Dan pastikan sugesti yang anda tanam adalah sugesti yang positif. Karena pikiran bawah sadar anda tidak mengenal kompromi, sekali anda berhasil menanam sugesti (positif ataupun negatif), pikiran bawah sadar akan merespon persis sesuai dengan sugesti yang anda tanam. :)

Jadi apa yang anda inginkan? Rumah mewah? Uang yang berkelimpahan? Hubungan cinta ataupun kesehatan? Berikan sugesti mengenai hal – hal sesuai dengan yang anda inginkan. Kunci sugesti terletak pada kalimat afirmasi yang anda bentuk. Jika sugesti sudah terbentuk dalam diri anda, anda akan meyakininya. Ketika anda meyakininya, pikiran bawah sadar anda akan menggerakan pikiran sadar anda untuk melakukan sesuatu yang sama persis dengan apa yang sudah anda tanam dalam pikiran bawah sadar.

6 comments:

Anonymous said...

Nice explanation guy.

Anonymous said...

siap....laksanakan !!!

Anonymous said...

thanks for sharing!

Anonymous said...

pak saya punya masalah seperti yang di atas semacam ada ketakutan di dalam diri saya. setiap saya berpikir untuk melakukan sesuatu hal kedepanya timbul suatu respons ketakutan dan tidak percaya diri sampai terasa ke jantung dan hati saya.memang saya dulu sering semasa kecil tidak banyak bergaul karena kondisi keluarga yang berantakan.saya sudah mencobah untk membuat suatu komitmen positf di dalam diri saya dan bisa tenang tpi itu cuman berlangsung beberapa hari saja.. tolong pak saya di beri saran mengenai hal tersebut

Hendrik Setiawan said...

Hello anonim.

Saya coba bantu ya. Komitmen positif yang anda lakukan sudah tepat dan bahkan harus terus dilakukan. Ketika anda berkomitmen di dalam hati dan perkataan, kerapkali pikiran negatif mendatangi pikiran anda dan komitmen anda terasa mudah hilang kembali. Itu adalah hal yang wajar dan untuk mengatasinya adalah katakanlah cukup keras komitmen anda tsb sampai keluar dari mulut anda, sehingga pikiran positif menjadi hal mayoritas. Mulailah latih kebiasaan ini.

Hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah tempel tulisan komitmen anda pada sebuah kertas di kamar tidur, dan cobalah untuk membaca komitmen anda tsb ketika anda hendak tidur (dalam keadaan mengantuk) dan setelah bangun tidur (ketika masih setengah sadar). Saat2 seperti inilah komitmen anda akan lebih mudah masuk ke alam pikiran bawah sadar.

Mulailah berlatih untuk melakukan hal - hal yang menyenangkan diri anda. Sering2lah menonton film2 bernuansa komedi. Belajarlah untuk mulai bergaul dan bersenda gurau dengan teman2 anda. Bebaskanlah jiwa anda dan rasakan kebahagiaan itu. Hal - hal seperti inilah yang akan membantu meningkatkan frekuensi positif di dalam pikiran anda. Semakin positif diri anda, semakin baik kehidupan anda.

Sebenarnya jika anda membaca buku Law of Attraction (Michael J. Lossier - anda dapat download gratis di Menu Free Download), disana akan dibantu secara langsung dan detail bagaimana menghilangkan pikiran negatif. Di sana ditunjukkan bahwa jika anda sering berpikir negatif adalah hal yang bagus agar kita dapat membalikannya menjadi hal positif saat itu juga. Sebagai contoh, anda berpikir "saya pasti jatuh". Ingat, di saat anda berkata seperti itu, respon anda harus CEPAT mengatakan dalam hati bahwa "ya ampun, jatuh kan kata - kata NEGATIF, saya harus gunakan LAWAN KATANYA yaitu POSITIF" - menjadi - "YES, saya pasti JALAN TERUS, semuanya lancar, Terima kasih TUHAN"

Itu hanya sebagai contoh saja. Setiap bertemu pikiran negatif, CEPAT GANTI menjadi LAWAN KATANYA yaitu dalam bentuk pikiran POSITIF.

Akhir kata, Selalu bersyukur setiap saat, Visualisasi terus hal2 yang anda inginkan, Dan lepaskan diri anda untuk melakukan hal - hal yang membuat anda BAHAGIA.

Anonymous said...

keren brow..
koor gas brow..

Post a Comment

Mari berbagi dengan sesama dengan cara menceritakan pengalaman anda berkaitan dengan topik ini, atau sampaikan komentar & saran anda semuanya di sini.