Membentuk Imajinasi Anda Menjadi Kenyataan

“Imagination is everything. It's the preview of life's coming attractions" - Albert Einstein (1879 - 1955)

Pernahkah anda menyadari bahwa imajinasi anda sebenarnya membentuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidup anda? Sebuah imajinasi dapat orang gunakan dalam teknik yang bernama visualisasi. Teknik ini ternyata telah diajarkan semua guru besar sepanjang jaman. Pada tahun 1912, Charles F. Hannel pengarang buku The Master Key System sengaja membuat buku yang hanya berisi pengajaran dan pelatihan tertulis selama 24 minggu hanya untuk mengenai teknik visualisasi. Apa yang istimewa mengenai teknik visualisasi ini?

Teknik visualisasi adalah sebuah teknik yang bekerja melalui daya imajinasi seseorang. Secara garis besar, intinya dapat dikatakan sebagai berikut: Jika anda sedang membentuk imajinasi dalam pikiran anda itulah yang akan terjadi dalam hidup anda. Jika anda membayangkan dalam pikiran anda bahwa anda sedang memiliki sebuah mobil mewah, tebak, itulah yang akan terjadi! Dan jika anda sedang memikirkan kesulitan yang akan anda alami, itu pula yang akan terjadi dalam realitas anda! Tidak perduli imajinasi seperti apakah yang anda pikirkan saat itu, mau itu hal negatif ataupun positif, semuanya sama saja akan terjadi dalam realitas anda.

Tetapi INGAT, semua imajinasi yang anda buat belum tentu muncul dalam realitas hidup anda, karena terdapat cara khusus dalam mengaplikasikannya. Dan apapun yang anda imajinasikan dalam pikiran anda, imajinasi tersebut tidak akan terjadi secara mendadak dalam hidup anda saat itu juga, karena anda hidup dalam waktu tunda (buffering time) – seperti yang dikatakan dalam film The Secret. Mengapa? Karena tentu tidak mungkin jika anda membayangkan seekor gajah dalam pikiran anda sekarang, maka pada detik itu juga seekor gajah muncul mendadak di samping anda.

Jadi, Bagaimana Cara Tepat Menggunakan Tekniknya Dengan Benar?

Anggap saja jika anda sedang menginginkan sebuah baju yang sempat anda lihat di mall, maka caranya luangkan waktu anda untuk menggunakan teknik visualisasi untuk mendapatkannya dengan cara :

1. Pejamkan mata lalu luangkan waktu anda berdiam diri di mana saja asalkan tempatnya tenang agar anda bisa fokus berpikir.
2. Jika anda mempunyai gambar foto dari / gambar baju tersebut, pandangilah (ketika menutup mata) dan bayangkan dalam benak anda, anda sedang memakai baju tersebut. Rasakan seolah – olah Anda sedang pergi jalan - jalan dengan menggunakan bajunya.
3. Bentuklah perasaan bahagia ketika anda sedang memakai baju itu. Bagaimana perasaaan anda saat akhirnya membelinya, perasaan saat anda memakainya, perasaan anda saat teman – teman anda mengagumi baju yang anda pakai itu.
4. Rasakan dengan jari jari - jari tangan anda, bahwa anda sedang menyentuh baju tersebut sampai terasa serat kainnya di jari - jari kedua tangan anda.
5. Cium aroma baju baru tersebut yang sedang anda pakai dalam imajinasi anda. Rasakan harumnya di hidung anda.

Lakukan imajinasi tersebut seolah - seolah - olah nyata bagi realitas anda saat ini. Mainkan imajinasi itu seolah - olah dalam bentuk video bergerak. Bukan hanya melihat baju tersebut pada gambar atau pajangan lalu hanya mengaguminya, tetapi benar - benar rasakan dalam imajinasi anda bahwa anda sedang memilikinya / memakainya pada tubuh anda. Semakin anda melibatkan kelima panca indera anda dalam berimajinasi, semakin baik. Posisikan diri anda saat mengimajinasikannya tepat pada tubuh anda sendiri. Jangan mengimajinasikannya seolah - olah anda yang melihat sosok diri anda dari jauh menggunakan baju itu.

Seberapa sering anda harus harus melakukannya?

Cara terbaik kapan untuk melakukannya adalah ketika anda baru bangun tidur di pagi hari dan hendak tidur di malam hari. Karena pada saat - saat itu, ruang pikiran bawah sadar akan terbuka dengan lebar dan pengaruh negatif akan sulit masuk dan mengganggu pikiran anda saat melakukan visualisasi.
Lakukan setiap hari. Kuncinya : Fokus. Persisten. Fokus. Namun ketika anda semakin ahli melakukannya, anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun anda mau.

Tahukah anda apa yang akan terjadi jika anda mengimajinasikan baju itu hanya dengan memandanginya dari gambar atau pajangan saja?

Anda akan berakhir dengan melihat ada orang lain yang menggunakan baju itu! Atau anda akan melihatnya di toko lain yang menjual baju serupa. Oleh karena itu mengapa sering mungkin anda mendengar "Kenapa ya, kok saya akhir - akhir ini sering melihat baju itu di mall - mall" Hal itu terjadi karena anda tidak memposisikan diri sebagai pemilik dari barang yang anda inginkan.

Hal serupa terjadi jika anda menginginkan mobil mewah, rumah besar, pria / wanita idaman, dan lain sebagainya.

Tidak banyak orang menyadari bahwa kekuatan imajinasi memiliki kekuatan sebesar itu. Mereka hanya mengkhayal dan memikirkan "Ah, saya cuma mengkhayal, itu tidak akan terjadi". Dan akhirnya mereka melepaskan imajinasi itu dan memang benar hal itu tidak akan terjadi dalam hidupnya. Peliharalah pikiran anda dengan hal - hal yang baik dan positif SETIAP HARI. Lakukan secara persisten dan yakinlah semuanya itu akan terbentuk di realitas anda segera.

17 comments:

Anonymous said...

i believe "like attract like"..
involve the feeling at the most when do that,n blaaam..!!
the universe will approve it while in the bufferin' time..no matter u're good or bad,evry single thing in your head will raise in your hand!

Anonymous said...

Saya percaya itu, Tuhan mengatakan mintalah akan kuberi, jika satu atau dua kali belum diberi maka percayalah yang ke sepuluh kali akan wujud dihadapan anda

Anonymous said...

Jauh sebelum mengenal the secret saya ingin sekali memiliki sebuah laptop, saya bayangkan laptop saya bawa ke kamar tidur saya, sambil rebahan saya dengar musik donlod lagu lagu dll. Untuk beli jelas tak bisa saya gak ada duit. namun seiring berjalannya waktu laptop itu kini sudah ada di kamar saya. Alhamdulillah
The secret emang mujarabbbbbb.

Anonymous said...

saya sudah banyak sekali mengalami keajaiban visualisasi..laptop,liburan ke china,blackberry dll.. tips dr saya adalah : anggaplah keinginan anda itu sebagai sesuatu yang kecil...yang mudah didapatkan.. biasanya yang memblock mental anda untuk mewujudkan sesuati adalah menganggap hal itu terlalu besar,tidak mungkin,susah, dll.. anggaplah bmw z4 itu sebagai secangkir kopi biasa...

Anonymous said...

sebelum ini saya juga pernah mendengar cerita tentang The Secret dan saya tertarik untuk mencoba mempraktekkan berimajinasi memiliki sebuah laptop, karena untuk berimajinasi memiliki mobil saya belum begitu yakin karena kondisi keuangan saya, dan tanpa saya sadari sekarang saya sudah benar2 memiliki laptop, dan saya gunakan untuk membaca artikel ini, sekarang saya yakin bahwa dengan imajinasi saya bisa mewujudkan apa yang saya inginkan, dan mulai sekarang saya akan berimajinasi tentang mobil mewah yang saya idam2kan. Alhamdulillah,, terima kasih The Secret.

Anonymous said...

ini keberuntungan bagi saya, karena mengetahui teknik ini baru baru saja bukan nanti
saya akan mempraktekkannya, mungkin ini juga bisa d lakukan oleh kawan2 semua, jujur saya ingin sekali Honda Jazz atau ford fiesta, tapi untuk saat ini kuliah pun masih sambil kerja. setiap melihat mobil itu d jalan saya selalu mengatakan bawha saya akan memilikinya, saya meyakini itu.

wallpaper PC d tempat kerja pun saya buat sendiri, dgn tulisan $1000 / week, saya bayangkan akan menghasilkan itu sambil berucap "tidak sulit"... semoga benar2 jadi kenyataan :)

salam hangat
radji

Oki Nurhidayat said...

Saya masi kurang mengerti tentang "visualisasi dengan melibatkan emosi" saya selalu melakukan visualisasi saat sempat tapi hanya menggambarkan keingginan yang ingin saya dapatkan, apakah dengan begitu lama kelamaan saya bisa melakukan visualisasi dengan melibatkan perasaandengan sendirinya?

Anonymous said...

Thank you very much. This is A Very Good Article.

smart swadesi said...

sangat keren

Anonymous said...

tidak mudah bagi saya untuk tidak mempercayai the secret,saya sudah pernah dibimbing oleh Tuhan untuk menggunakan the secret jauh sebelum saya mengenal the secret

Tata Indy said...

hanya sekedar share jg, sblm baca buku the secret sy terlebih dulu baca buku quantum ikhlas karya erbe sentanu,,menurut sy keduanya saling berkaitan cm di quantum ikhlas ujung dri visualisasi/ affirmasi itu kuncinya hrs ihlas,, jd klo semua yg kita visualisasikan itu lambat terwujud atau bahkan tdk terwujud sama persis dgn yg kita visualisasikan kt akan baek2 ja,, klo unsur ke ihlasan nya dlm bervisualisasi lupa/tdk disertakan maka yg ada malah org yg bervisualisasi itu akan stress heheee ( pengalaman gw bgt soale ) mmg semua nya tdk instan , ada proses tunda, asal kita visualisasi dgn ikhlas di kedepankan one by one apa yg di visulisasikan akn terwujud,,,percaya dech,,,

19/7/13 12:08

ericks said...

Salam sukses pak

Saya sangat tertarik dengan blog bapak,saya ada satu pertanyaan pak,kalau bisa balasnyakeemail saya

Saya mempunyai keinginan mempunyai motor mio nah ,'
pertanyaannnya adalah:
pada saat saya melakukan visualisasi itu apakah saya itu harus benar benar menganggap /seolah -olah kita sedang naiki motor tersebut di jalan raya ,padahal saya tetep merasa saya berada di kasur ,apakah saya hanya melihat gambar/video saya seolah olah saya naiki motor mio itu tanpa merasakan apa apa,dan saya masih menyadari kalau saya masih di kasur berbaring,tolong di jawab dengan sejelas jelasnya,
salam sukses pak

Hendrik Setiawan said...

Hello Ericks,

saya bantu jawab ya,

ketika anda melakukan visualisasi, posisikan visualisasi anda seolah2 anda sedang memegang stang motor tersebut. pastikan betul anda kenal lekuk2 detail motor mio yang anda inginkan. rasakan betul2 bahwa anda seperti sedang mengendarai motor tersebut di jalan raya.

terdapat suara mobil dan motor yang sedang berjalan, bunyi klakson, dan suasana lainnya di jalan raya. gunakan kreatifitas imajinasi anda senyata mungkin. jangan pedulikan atau jangan pusatkan diri anda yang sedang berada di kasur, abaikan itu. pusatkan pada imajinasi di visualisasi anda, jangan pusatkan pada realita anda sekarang.

dan perkuat imajinasi anda dengan gerakan. misalnya anda ketika seolah2 mengendarai motor, anda lambaikan tangan ke teman anda yang bertemu di pinggir jalan sedang ingin menyebrang. lambaikan tangan itu anda lakukan ketika visualisasi masih anda lakukan ..

karena "Motion Create Emotion" - gerakan menciptakan perasaan / emosi. ketika anda visualisasi melibatkan peran emosi / perasaan bahagia anda, akan sangat luar biasa hasilnya !

lakukan hal ini berulang2 sesering mungkin sampai ide cemerlang dan dorongan kuat utk mencapai motor mio yg anda inginkan ini terlihat di depan mata anda. dan take action utk tinggal mengambilnya !

Uding Syaripudin said...

kalo yg saya inginkan mobil toyota yaris dan sy blm pernha mengendarai mobil bisapun belum. apakah dengan latihan visaualisasi dan imajinasi saja bisa terwujud. saya pengusaha percetakan di pinggir kota depok. saya mohon saran anda pemilik blog ini, atas bantuannya terima kasih

Anonymous said...

minta tolong cara visualisasi pendapatan 25.000.000

Anonymous said...

Mohon pencerahannya pak,
Saat ini, seperti buku yg sudah2 sy baca mengenai bakar kapalnya Napoleon.. persis, saat ini sy sedang mulai dari titik nol. yg adegan "bakar kapal' sepertinya sudah saya lakukan. sampai perpindahan kebisasaan kerja menjadi "tidak kerja" yg notabene mau otodidak. Proses keinginan sukses, dimulai dari menyudahi pekerjaan yg terikat, menyorot suatu bisnis, mendalaminya, mempraktekannya, dan memperoleh kesuksesan darinya. amin... apakah itu berlaku didalam 'The Secret" sesuai keinginan sy ini??? thanks sblmnya,,

Hendrik Setiawan said...

Hello. akan saya bantu jawab ya ..

sebelumnya, yang penting perlu dipertanyakan pada diri bapak sendiri, HASIL AKHIR seperti apa yang benar2 bapak inginkan ?

Jika berkeinginan mendapatkan mobil mewah misalnya, cara apapun yang dilakukan bapak asalkan benar dan bapak senang melakukannya, itu sudah sesuai dengan The Secret. Cara bagaimana mencapainya harus bapak serahkan kepada YANG DI ATAS dan alam semesta yang mampu memberikan sarana dan prasarananya.

Sesuai dengan aturan dari ajaran The Secret, pertama kita cukup
1. Meminta apa yang bapak inginkan. Contoh : Mobil Mewah, Rumah, Apartemen
2. Percaya dengan iman yang teguh, hal yang bapak inginkan akan terwujud pada waktu yang tepat.
3. Rasakan sensasi dan buatlah perasaan senang senyata mungkin seolah2 bapak telah menerima apa yang bapak inginkan tersebut.

Cara bagaimana mencapainya tidak dibahas dalam langkah mewujudkan impian sesuai The Secret. Cara itu akan muncul ketika bapak sudah lakukan 3 langkah tadi. Caranya itu suatu saat akan muncul dari dalam pikiran bapak seperti dorongan atau ide yang luar biasa, yang bapak lakukan hanya tinggal ACTION mewujudkan ide / dorongan tersebut. Misalnya bapak dapat dorongan atau informasi luar biasa untuk bekerja di suatu perusahaan besar, atau dorongan untuk berbisnis produk atau jasa tertentu. Dorongan itu diikuti tindakan bapak dengan iman yang kuat sesegera mungkin !

Post a Comment

Mari berbagi dengan sesama dengan cara menceritakan pengalaman anda berkaitan dengan topik ini, atau sampaikan komentar & saran anda semuanya di sini.